Home » Internasional » Sistem ekonomi dan keuangan Barat hanya bertahan berkat perang

Sistem ekonomi dan keuangan Barat hanya bertahan berkat perang

Sistem ekonomi dan keuangan Barat hanya bertahan berkat perangPeter Koenig, ahli keuangan Swiss.

Pertanyaan pembuka: “Mengapa Amerika Serikat dan aliansi Blok Baratnya tidak akan berniat untuk menghentikan perang Proxy selama Blok Timur, terutama BRICS dan Negara-negara anggotanya terus berkembang?”

occupywallstreetlibertyparknyP1340257


Kilas latar

Ekonomi global kemungkinan akan mendapatkan momentum perubahan tahun 2014, meskipun dengan gambaran yang mungkin berbeda di masing-masing negara.

TheVoice of Rusia berbicara denganPeter Koenig, ahli keuangan Swiss, mantan ekonom Bank Dunia, penulis “Implosion: Implosion: Sebuah Thriller Ekonomi tentangPerang, Lingkungan Destructiondan Corporate Greed“.

Ini telah menjadi dogma lama dari ekonomi neoliberal Barat bahwa negara-negara berkembang, yaitu BRICS, MINT (Mexico, Indonesia, Nigeria, Turki), negara-negara dari Asia Tenggara, dll tidak dapat membentuk sirkuit ekonomi yang layak dan menjamin pertumbuhan yang berkelanjutan tanpa modal dan inovasi’ dari negara-negara maju dan lembaga keuangan dunia seperti IMF atau bank transnasional seperti Goldman Sachs.

Apakah Anda percaya bahwa dogma ini benar? atau dogma ini salah?

531981_611812958877388_903458081_n

Dogma ini adalah mitos dan angan-angan neoliberal. Mari kita mengambil BRICS ( Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan) – mereka telah membuat bank pembangunan mereka sendiri selama BRICS KTT ke-5 di Durban Maret lalu dengan dana cadangan awal setara US $ 100 miliar.

Cadangan keuangan ini akan melayani beberapa tujuan.

Pertama-tama, untuk meningkatkan pendanaan untuk proyek-proyek pembangunan, terutama saya percaya pada infrastruktur dan sektor-sektor produktif.

Kedua, juga untuk membantu mencegah tekanan likuiditas jangka pendek dan memperkuat stabilitas keuangan dari masing-masing negara dengan demikian melengkapi apa yang disebut jaring pengaman keuangan internasional murah hati, saya harus mengatakan.

Dengan kata lain, cadangan seperti dana untuk membeli kemerdekaan BRICS dari taring hiu uang (IMF, World Bank).

Dan kemudian, alasan ketiga atau tujuan ketiga dana ini – bank pembangunan BRICS dan dana cadangan awal akan menjadi batu penjuru bagi bank sentral BRICS di masa depan.

Bank sentral, seperti Bank Sentral Eropa, harus bertindak sebagai bank sentral, bukan sebagai pengawas dan pelaksana agenda neoliberal keuangan Feddan Wall Street -drive, yang merusak ekonomi negara-negara anggota.

Ketika saatnya tiba bagi bank sentral BRICS yang akan didirikan dan saya hanya bisa berharap bahwa itu akan segera, bank sentral BRICS akan menjadi salah satu solidaritas bekerja di bawah piagam yang mendukung negara-negara anggota dan bukan menghancurkan mereka.

Jelas, ini mungkin tidak mudah, ini seperti merubah sebuah kapal uap berat dari kursus yang diberikan. Ini mungkin memerlukan waktu tetapi, pertama dan terutama, itu akan membutuhkan kemauan politik. Dan saya percaya BRICS memiliki kemauan politik.

Akhirnya, mereka telah memberikan bukti bahwa mereka berangkat dari jalur selain sistem Barat, jalur AS. Yaitu, bahwa sejauh kontrak internasional harus diselesaikan di dunia hanya dalam mata uang referensi – “dolar AS”.

Nantinya- tidak lagi!

Brics leaders in Durban

BRICS leaders

BRICS dan negara-negara yang terkait sudah memulai perdagangan dalam mata uang lokal mereka sendiri sehingga menjauhkan diri dari dolar dan prestise dan alasan palsu dibalik dolar. Itu pertanda baik untuk masa depan.

Melihat kembali dua dekade terakhir dari interaksi antara negara-negara berkembang (di Asia, Eropa Timur, Amerika Selatan, Afrika) dan lembaga-lembaga keuangan internasional seperti IMF atau bank swasta seperti Goldman Sachs, apakah Anda berpikir bahwa lembaga keuangan Barat membawa lebih bahaya atau lebih baik dalam interaksi ini?.

Bagi saya, tidak ada keraguan. Dan saya pikir ekonom terkenal Barat bahkan akan setuju, meskipun, mungkin, tidak terbuka dan tidak di koran, tapi dengan hati nurani mereka, yang saya percaya bahkan neoliberal memiliki, bahwa tatanan neoliberal – beberapa menyebutnya tatanan dunia baru – telah membawa hanya merugikan kepada orang-orang dan negara-negara mereka di mana mereka telah melakukan intervensi atau, sebenarnya, ikut campur secara tidak sah, melawan hukum, karena para pemimpin sistem jahat ini – “IMF, Komisi Eropa dan ECB” (disebut Troika) ditambah banksters Wall Street yang dipimpin oleh seperti Goldman Sachs, pertama harus menghapus pemimpin yang terpilih secara demokratis dari negara-negara yang mengganggu, sehingga mereka akan menghadapi setidaknya resistensi terhadap gerakan despotik mereka.

Ambil Yunani. Pada tahun 2008 Yunani memiliki utang nasional kurang dari 120 % dari PDB. Ini akan benar-benar dikelola untuk sebuah negara seperti seperti Yunani, dan, dengan demikian, utang mereka mewakili di seluruh serikat moneter Eropa – sebenarnya, tidak lebih dari 2 % dari PDB Euro. Ini sama sekali tidak berpengaruh apapun pada ekonomi Eropa, kelayakan ekonomi dan potensi perdagangan.

Itu tentu saja tidak pernah benar-benar dianalisa di media dan itu tidak pernah ditulis, dan orang-orang tidak tahu, mereka hanya mengatakan bahwa Yunani adalah bahaya bagi Euro.

Pada akhir Oktober 2010, Presiden Sarkozy Perancis dan Kanselir Jerman Merkel disebut Perdana Menteri Yunani George Papandreou untuk pertemuan krisis di Cannes. Alasannya adalah bahwa Papandreou memulai referendum – satu-satunya langkah demokratis yang layak bagi orang-orang Yunani untuk memutuskan apakah mereka ingin terus menerima paket penyelamatan dari Troika, dengan kata lain, indebting Yunani – negara mereka – lebih lanjut pada tingkat bunga 7 % +.

Itu sangat mungkin bahwa Yunani akan memilih untuk tidak lagi menginginkan uang Troika, yang akan juga berarti keluar dari Euro. Hal ini tentu saja tidak dapat diterima bagi para pemimpin Troika, dan untuk Perancis dan orang-orang kuat Jerman. Negara-negara lain mungkin segera mengikuti, yang bisa berarti menjadi akhir dari Euro seperti yang kita kenal sekarang.

Dan seperti yang kita juga tahu, Euro telah menjadi alat bagi orang kaya untuk memiskinkan orang miskin, untuk mengisap sistem sosial mereka dengan susah payah, privatisasi mereka, singkatnya – depraving dan menghancurkan jaring pengaman sosial mereka. Merkozimengancam Papandreou untuk menarik referendum. Papandreou pulang, menarik referendum dan mengundurkan diri pada hari berikutnya.

Dia segera digantikan oleh Lucas Papademos yang tentu saja menerima paket penyelamatan lebih lanjut dengan persyaratan kejam Troika. Papademos, menebak di mana ia berasal? Seperti Mario Monti, mantan Perdana Menteri Italia dan Mario Draghi, Ketua ECB, Papademos adalah mantan eksekutif Goldman Sachs. Bukankah itu menakjubkan? Hal ini tidak ditulis di dalam baru dan media.

Dalam skenario ini dengan Sarkozi dan Merkel – para pemimpin negara-negara Euro terbesar – ditambah lebih banyak pemimpin neoliberal Eropa (atau lebih baik disebut boneka Washington), itu jelas bahwa Eropa dan ekonomi Eropa dipimpin dan dimanipulasi oleh Federal Reserve dan dikenakan sistem keuangan wall Street AS. Hal ini masih dilakukan, setiap hari.

Wall-Street-Exposed

Wall Street

Sedikit Yunani adalah tes kasus, sisanya adalah sejarah. Berikutnya jatuh Portugal, Irlandia, Spanyol, Italia, kemudian datang Siprus. Siprus sudah merupakan liga baru pemusnah rumus neoliberal yang mungkin akan segera diikuti di seluruh Eropa. Tingkat pengangguran mendekati atau melebihi 30 % dan pengangguran kaum muda melebihi 50 %.

Nah, krisis ini jauh dari selesai. Ini adalah kutipan literal dari elit politik keuangan dari Forum Ekonomi Dunia di Davos. Mereka memperingatkan sebelumnya, konferensi ini terkenal dari para pelopor dan penguasa dunia, tidak memiliki harapan bahwa akan ada perbaikan segera.

Ini adalah langkah taktis, tentu saja, untuk orang-orang yang siap untuk tidak mencari masa depan yang lebih baik, tapi bersiap untuk yang lebih keras. Semakin banyak orang yang terintimidasi, semakin baik mereka dimanipulasi. Ini adalah doktrin lama diktator yang telah diterapkan berkali-kali sebelumnya. Tapi tentu saja, sejarah juga tahu bahwa orang memiliki kenangan singkat.

govstruct

Hari ini orang dihadapkan dengan tiga perang agresi.

Tiga perang agresi:

Mesin Buldozer konvensional pembunuhan AS- NATO, perang ekonomi yang dipimpin oleh relends – Troika (disebutkan sebelumnya) dan mungkin yang terburuk – booming propaganda kebohongan tentang kesejahteraan sistem konsumerisme Barat. Ini alamat pada tumit Achilles yang paling rentan dari umat manusia – keserakahan dan egoisme. Dan itu berhasil, setidaknya sejauh ini.

Negara-negara BRICS telah banyak dikritik karena mencoba untuk mendirikan bank pembangunan BRCIS mereka sendiri, sehingga menghindari dan menyaingi IMF dan menciptakan landasan sistem keuangan alternatif global yang mengancam Blok Barat.

EU COM

EU Commisssion

Kritik berpusat pada dua aspek:

Diduga, para BRICS tidak memiliki uang dan keahlian untuk menciptakan sebuah “sistem alternatif yang tepat” dan diduga, BRICS bertindak secara egois dengan memilih untuk membuat bank mereka sendiri, bukan reformasi dan mengintegrasikan ke dalam sistem IMF yang ada.

Apa yang akan Anda menjawab kritik tersebut?

Kritik ini adalah tidak lain dari propaganda negatif dari Barat dari BRICS. Mereka yang memanipulasi sistem moneter dan keuangan Barat – US Federal Reserve, IMF, melalui Departemen Keuangan AS yang mengontrol Dana Moneter (jangan membodohi diri sendiri, semua orang harus tahu bahwa Dana Moneter hanyalah perpanjangan tangan dari Departemen Keuangan AS) , maka Bank for International Settlement dan pencatutan banksters Wall Street dan sekutu Eropa mereka – mereka semua memiliki alasan yang baik untuk takut dengan pertumbuhan BRICS.

Mengapa?

BRICS saat ini mengontrol sekitar 30 % dari GDP dunia dan menyumbang hampir 50 % dari populasi dunia. Selain itu, PDB BRICS didasarkan pada produksi riil, dibandingkan dengan perbankan dan jasa.

Juga, hari ini ada sejumlah negara yang sudah bersekutu dengan BRICS atau ingin bergaul dengan mereka, seperti Argentina, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan produsen hidrokarbon seperti Iran, Venezuela, produsen minyak Asia Tengah, yang juga kadang-kadang disebut Sabuk Minyak Kaspia. Dunia Barat saat ini menyerap produsen minyak, seperti keserakahan ekonomi mereka dan kebutuhan mendesak jauh melebihi produksi mereka sendiri. Dan itu adalah dengan jatuhnya mata uang – dolar AS.

Bayangkan, mereka semua memutuskan dalam solidaritas untuk bergabung bersama-sama dan menciptakan pertukaran minyak mereka sendiri dan membiarkan perdagangan hidrokarbon pihak lain dalam mata uang mereka sendiri, yang bertentangan dengan AS- OPEC yang menggunakan dolar.

Segera BRICS akan mengeluarkan mata uang, Triliunan, dan mata uang lainnya yang berdiri dengan dolar AS – akan runtuh.

Dan pada kenyataannya, dunia ini hampir di sana. Itu terakhir World Energy Congress bulan Oktober di Korea Selatan, Mr Sechin – Ketua konglomerat hidrokarbon Rusia Rosneft – menyarankan bahwa “itu disarankan untuk membuat bursa internasional untuk negara-negara peserta di mana transaksi dapat didaftarkan dengan penggunaan mata uang regional.

“Tentu saja, ini mendapat liputan sedikit oleh media Barat.”

Tapi kembali ke pertanyaan Anda, reformasi IMF, Bank for International Settlement, sistem Bank Dunia bukan menciptakan satu paralel – di bawah struktur kekuasaan saat ini adalah hampir mustahil. BRICS tahu itu.

BRICS secara individual, atau sebagai sebuah kelompok, bergerak pada perolehan suara dan pengaruh pada sistem.Ini akan berarti (seperti) IMF baru, Bank Dunia, Bank for International Settlement konstitusi, “yang AS tidak akan pernah membiarkannya berkembang”.

(Perbedaan IMF dengan BRICS pada paparan sebelumnya diatas)

0013729e42ea0b75991708

Pertempuran di bagian depan yang akan kalah, terutama karena BRICS tidak perlu melawan. Mereka secara ekonomi, finansial dan politik yang cukup untuk menciptakan sistem keuangan dan moneter independen mereka sendiri yang kuat. Bahkan, meskipun propaganda baru saja diluncurkan dengan bantuan peraih Nobel, yang BRICS tidak perlu sistem ekonomi Barat, maupun modal Barat, yang tetap sebagian besar terbuat dari uang feat tanpa dukungan apapun.

Ekonomi BRICS, ditambah perekonomian negara-negara yang terkait adalah pesaing, yang kokoh didukung oleh PDB dan, akhirnya, dengan cadangan hidrokarbon mereka di dalam tanah.

Kami melihat pergeseran bertahap menjauh dari dolar sebagai mata uang cadangan dunia. Ada rencana beredar luas menciptakan mata uang cadangan alternatif, BRICS SDR atau BRICSO yang akan dikelola oleh bank pembangunan BRICS dan akan didukung oleh mata uang BRICS dan hidrokarbon seperti minyak dan gas.

Apakah Anda percaya bahwa waktu untuk perubahan radikal seperti telah datang? Apakah dunia siap untuk merangkul dan alternatif terhadap dolar?

Sebagian besar pasti! Ekonomi AS sangat berhutang saat ini di sekitar tingkat GDP meningkat mereka sekitar $ 15-16.000.000.000.000. Tapi yang lebih mencolok adalah apa yang disebut kewajiban yang belum terpenuhi jangka panjang sekitar 7 kali GDP mereka.

Kantor Akuntansi Umum US digunakan untuk mempublikasikan angka-angka ini secara teratur di Internet. Selama beberapa tahun terakhir mereka telah berhenti muncul di Internet. Aku tahu, aku sudah mengatakan ini sebelumnya dan itu sedih untuk mendengarkan, tapi dolar tidak sebanding dengan kertas itu dicetak di atas.

Bahkan, satu-satunya alasan dunia belum menjatuhkan dolar sebagai mata uang referensi atau sebagai mata uang cadangan utama adalah karena sebagian besar negara memegang sejumlah besar dolar, Treasury bills dalam kas cadangan mereka. Jika dolar runtuh, sebagian besar portofolio cadangan mereka juga akan menghilang.

November lalu sekitar 47 % dari utang AS di luar negeri. China sendiri dikatakan telah memiliki sekitar 1,6 triliun pada bulan November. Sekarang mereka mungkin telah mengurangi kepemilikan tagihan Treasury menjadi sekitar 1,3 triliun. Wakil Ketua Bank Sentral China menyatakan bahwa China tidak akan lagi membeli tagihan US Treasury atau utang AS. Jadi, ini kemungkinan akan terus jatuh – proporsi Treasury bills dalam cadangan Cina.

Langkah ini oleh orang Cina, yang juga akan menyebabkan reevaluasi bertahap Yuan, membuat contoh di seluruh dunia, negara-negara lain mungkin segera menyusul. Setelah runtuh dimulai, itu akan menjadi seperti sebuah kubah dan sistem Barat mungkin hancur sangat cepat.

Pada tingkat penyalahgunaan keuangan dan ekonomi kita sedang saksikan, ekonomi keserakahan Barat, yang juga menyebabkan kerusakan, dia “dipulihkan dari (penguasaan) sumber daya dunia yang tak terbarukan”, sistem ini benar-benar tidak berkelanjutan.

Hal ini lebih karena, sistem ekonomi dan keuangan Barat saat ini hanya bertahan berkat perang. Karena ini terkait dengan dolar AS, itu terkait dengan kompleks keamanan militer AS yang mendorong ekonomi Amerika memproduksi sekitar 60 % dari GDP AS dan itu dekat dengan proporsi yang sama dari anggaran AS – Anda tentu saja akan tidak pernah menemukan gambaran ini dalam publikasi resmi.

Mata uang AS dicetak atau diproduksi secara elektronik sebagai fungsi dari kebutuhan untuk perang dan agresi di seluruh dunia (untuk perebutan sumber daya alam guna menunjang eksistensi ekonomi Barat), sementara sebagian besar penduduk Amerika tergelincir lebih dalam pada kemiskinan. Ini adalah Kekaisaran Romawi diulang lagi dan lagi, kali ini dengan lebih luas dan hasil yang jauh lebih dahsyat mengancam kehancuran peradaban manusia dan penipisan secara penuh sumber daya planet ini.

Sekarang adalah waktu untuk menghentikan kegilaan system ekonomi Barat ini.

Ya, tidak diragukan lagi, mata uang baru seperti BRICS atau jenis SDR (Special Drawing Rights) yang merupakan mata uang utama/bukan berpaku hanya pada US dolar saja, untuk mendukung nilai tukar tetap– yang nilainya didasarkan pada sekeranjang mata uang internasional utama) harus sangat diterima oleh dunia.

imf-wb-rich-poor
http://voiceofrussia.com/news/2014_01_26/Western-economic-and-financial-system-is-only-surviving-thanks-to-wars-expert-0497/

 

Pengertian Special Drawing Rights (SDR)

SDR adalah semacam uang giral internasional yang bisa diciptakan, sesuai dengan kebutuhan. Kurs SDR adalah indek yang tertimbang dari sekeranjang mata uang di dunia (tidak hanya menggunakan US dolar sebagai reverensi). Dengan perkataan lain nilai dari standar moneter yang baru dikaitkan dengan nilai dari sekelompok mata uang-mata uang didunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: