Home » Timur Tengah » Konverensi Jenewa 2, pembebasan warga sipil dan akses untuk bantuan kemanusiaan

Konverensi Jenewa 2, pembebasan warga sipil dan akses untuk bantuan kemanusiaan

a ser

Latar belakang

Provinsi Homs, menempati lokasi yang strategis di pusat jaringan jalan utama Suriah, dimana wilayah tersebut telah menjadi ajang pusat pertempuran. Pasukan Pemerintah Suriah berhasil membebaskan banyak kota-kota dan desa-desa sekitarnya setahun lalu, meninggalkan pemberontak terkepung sendiri di tengah Homs, bersama dengan ribuan warga sipil yang terjebak ditengah pertempuran.

http://worldnews.nbcnews.com/_news/2014/01/26/22456568-syria-talks-bring-offer-of-exit-from-siege-of-homs?lite

Ramadan, Delegasi konverensi mengatakan pada wartawan bahwa  Pihak Oposisi Suriah menuntut akses untuk bantuan kemanusiaan ke kota Homs, dimana kelompok Pemberontak telah kekurangan makanan, obat-obatan dan lain sebagainya, termasuk warga sipil.

Namun ada kendala, dimana selama ini upaya bantuan  kemanusiaan di Suriah telah terhambat oleh pertempuran dan oleh combatan  dari para pihak, yang sering mencoba untuk memblokir pengiriman ke daerah-daerah yang dikontrol oleh lawan-lawan mereka.

http://www.stuff.co.nz/world/middle-east/9653160/Women-and-children-allowed-to-leave-Homs

 26.01.14_MID_Siriya_15

Wakil Menteri Luar NegeriSuriahFaisalMekdad

Seseorang tidak dapat memulai pembahasan masalah kemanusiaan sebelum melakukan pengaturan keamanan di lapangan, karena konvoy bantuan sedang ditargetkan oleh tembakan, mortir dan bom.

Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad pada konferensi pers setelah pertemuan hari Minggu mengatakan: Jika teroris bersenjata di Homs memungkinkan wanita dan anak-anak untuk meninggalkan kota tua Homs, kita akan memungkinkan mereka setiap akses. Tidak hanya itu, kami akan memberi mereka tempat berlindung, obat-obatan dan semua yang diperlukan. Kami siap untuk mengizinkan semua bantuan kemanusiaan untuk masuk ke dalam kota melalui perjanjian dan pengaturan yang dibuat dengan PBB.

Delegasi resmi Suriah juga menyampaikan, bahwa perlu untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke semua daerah di Suriah. Pemerintah Suriah memberikan bantuan kemanusiaan setiap hari ke daerah-daerah yang dapat dicapai, pada semua warga negara, bukan hanya orang-orang di daerah tertentu saja.

Namun dengan penekanan, bahwa pembebasan dari korban penculikan dan sandera warga sipil yang digunakan oleh teroris sebagai perisai manusia adalah salah satu isu yang paling penting.

http://sana.sy/eng/21/2014/01/26/524200.htm

dero

Perkembangan setelah pembicaraan

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Lakhdar Brahimi mengatakan, Damaskus resmi telah setuju untuk mengizinkan ratusan ton bantuan medis dan makanan ke Homs.

Konvoi pertama yang mencapai utara kota Homs diperkirakan akan mencapai kota Homs mulai hari Senin, utusan khusus PBB untuk Suriah, Lakhdar Brahimi mengumumkan.

Jadi, mudah-mudahan, mulai besok wanita dan anak-anak dapat meninggalkan kota tua Homs,” kata Brahimi pada wartawan, menambahkan bahwa warga sipil lainnya mudah-mudahan segera dapat ikut pergi setelah itu.”

http://voiceofrussia.com/news/2014_01_26/Humanitarian-aid-convoys-to-reach-Homs-Monday-Brahimi-1341/

Lakhdar Brahimi

The new UN and Arab League representative for Syria, Lakhdar Brahimi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: